Fakta tentang diabet melitus

diabet adalah sebuah penyakit yang banyak ditemui di masyarakat. Kalau sudah usia 40 tahunan, biasanya obrolan ngalor ngidul kalau ada pertemuan ya… seputar berbagai pengalaman terkait penyakit yang diderita. Salah satunya adalah diabet.
Menurut Griffin, ada 5 fakta penting tentang diabet ini, yaitu :

  • diabet adalah penyakit serius yang bisa menyebabkan komplikasi serius seperti serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal dan amputasi kaki. Orang dengan diabet dapat melakukan tindakan untuk menjaga dirinya dan menurunkan resiko komplikasi.Pilihlah makanan yang sehat, aktiflah secara fisik, dan jaga berat badan yang sehat.Perawatan diabet yang baik termasuk mengatur segala sesuatunya yang berhubungan dengan diabet seperti test gula darah, tekanan darah, kolesterol untuk menghindari serangan jantung, stroke, dan masalah lainnya.
  • Diabetes Satu-satunya cara untuk mengetahui tingkat gula darah anda adalah dengan melakukan test gula darah. Hilangnya gejala tinggi gula darah tidak bisa dijadikan acuan untuk menentukan kondisi gula darah, karena gejala mungkin tidak muncul sampai tingkat gula darah benar-benar tinggi. Diabetes sering disebut “silent disease” (atau penyakit diam-diam) karena ia bisa menyebabkan komplikasi serius bahkan tanpa gejala sebelumnya.Tentukan target kadar gula darah anda dengan tim perawatan diabet anda. Mintalah pada perawat anda untuk menunjukkan cara memonitor gula darah anda sendiri. Simpanlah hasil pemeriksaan gula darah anda sebagai arsip anda dan berikan informasi tersebut pada tim perawatan diabet anda. Juga ketahuilah target kadar gula darah anda dan selalu menyimpan hasil pengukuran gula darah anda selama 3 bulan ke belakang. Itu adalah cara terbaik untuk mengetahui dengan baik tentang kontrol gula darah anda secara menyeluruh.
  • diabet. Sedikit makanan yang mengandung gula dapat menjadi bagian dari pola makanan sehat. Jika anda memutuskan untuk makan makanan manis, makanlah dalam porsi yang sangat sedikit pada akhir makan makanan sehat anda, bukan setiap hari. Atau boleh juga makan sepotong buah daripada memakan snack manis.
  • Pola makan sehat untuk seorang penderita diabet adalah juga bisa dijadikan pola makan sehat bagi setiap orang (tapi kondisi ini jangan dibalik). Makan makanan yang tinggi kadar seratnya dan rendah kadar lemak jenuhnya, rendah kadar trans fat, rendah kolesterol, rendah garam dan rendah tambahan gula.Makanan sehat termasuk makan buah-buahan dengan warna yang berbeda-beda, sayuran, ikan, daging tak berlemak, ayam atau kalkun tanpa kulit, kacang-kacangan, whole grain (beras atau biji gandum yang masih mempunyai kulit ari dan inti lembaga), susu atau keju rendah lemak. Tanyakan pada tim perawat kesehatan anda mengenai pola makan sehat.
  • Aktifitas fisik adalah aman dan penting bagi orang dengan diabet. Tanyakan kepada tim perawatan kesehatan anda mengenai cara untuk meningkatkan aktifitas fisik anda sehari-hari secara aman.Dengan aktif secara fisik dapat membantu orang untuk memperbaiki kondisi kadar gula darah, kolesterol, tekanan darah dan berat badan. Juga membantu meningkatkan kekuatan, kelenturan dan keseimbangan.Mulailah dengan menetapkan target rendah sampai anda mencapai paling tidak 30-60 menit aktifitas fisik pada hampir tiap hari dalam seminggu. Berjalan cepat adalah cara yang baik untuk lebih meningkatkan aktifitas fisik anda. diabet.

About diabetesmu

obat herbal diabetes

Posted on Desember 23, 2011, in Diabet melitus and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: