Jenis Jenis Diabetes Melitus

Diabetes Melitus tipe 1

Diabetes melitus  yang timbul karena kerusakan pankreas menyebabkan tidak ada insulin yang dibentuk, sehingga diabetes melitus  yang muncul adalah tipe 1. Diabetes melitus tipe ini memang banyak terjadi pada anak. Namun, juga dapat terjadi pada orang dewasa. Ini tidak ada kaitan dengan kebanyakan makanan manis.

Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes melitus tipe ini memang kabanyakan terjadi pada orang dewasa, tetapi kebanyakan akhir-akhir ini semakin banyak anak dan remaja yang juga mengidap diabetes melitus ini. Kebanyakan makanan manis menyebabkan gemuk. Badan yang kegemukan menyebabkan insulin tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga kualitas insulin buruk dan terjadilah diabetes melitus tipe 2.

Diabetes melitus adalah penyakit serius. Jika gula darah tidak dikendalikan dengan benar, baik diabetes melitus yang tipe 1 maupun tipe 2, akan berakhir dengan bermacam-macam komplikasi yang sangat berbahaya.

Seseorang yang terkena diabetes melitus, bukan berarti pankreasnya juga rusak. Jika pankreas rusak dan tidak bisa membuat insulin lagi, maka Anda akan terkena diabetes melitus tipe 1. Mungkin saja pankreas masih baik, tetapi insulin tidak dapat berfungsi dengan normal karena badan Anda kegemukan dan tidak pernah berolahraga. Ini dinamakan diabetes melitus tipe 2.

Diabetes melitus tidak menular. Sebagian penyakit ini ada kaitan dengan faktor keturunan. Jika orang tua adalah pasien diabetes melitus, maka Anda punya bakat terkena penyakit yang sama. Gaya hidup yang salah, kegemukan, sembarang makan, atau jarang berolahraga, semua itu akan mempermudah terkena diabetes melitus. Kalau kerusakan pankreas karena virus, maka infeksi virus mungkin saja menulari orang lain. Ini terjadi pada diabetes melitus tipe 1.

Namun, sekalipun ada bakat terkena, anak tidak harus menjadi pengidap diabetes melitus. Sejak kecil, anak sudah harus diajari hidup sehat. Banyak makan sayuran dan buah-buahan, tidak banyak mengonsumsi makanan yang kalorinya berlebihan, suka berolahraga, dan tidak gemuk. Gaya hidup yang sehat bisa mencegah timbulnya diabetes melitus.

Seseorang dengan turunan diabetes melitus bisa menikah dengan orang yang juga turunan diabetes melitus. Asalkan mengerti cara hidup yang sehat, menjalani diet yang benar, aktif berolahraga, tidak stres, menghentikan kebiasaan merokok, dan berat badan tidak berlebihan, semestinya diabetes melitus bisa dihindari.

Diabetes melitus adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan, namun sebenarnya dapat dikendalikan. Diabetes melitus tipe 1 akibat kerusakan pankreas, seumur hidupnya harus mendapat suntikan insulin. Pasien diabetes melitus tipe 2 yang mau mengatur dietnya dengan benar, berolahraga teratur, bisa menurunkan berat badannya menjadi ideal, pengendalian gula darahnya bisa lebih baik, tidak mustahil suatu saat gula darahnya terkontrol baik tanpa obat, hanya lewat diet, olahraga, dan gaya hidup yang sehat.

Tetapi apakah benar kalau kencing manis sama sekali tidak bisa disembuhkan? Saya pribadi berpendapat, klaim itu karena mereka belum menemukan solusi yang tepat untuk diabetes melitus.

About diabetesmu

obat herbal diabetes

Posted on Desember 23, 2011, in diabetes melitus and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: