Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Penderita Diabet

Diabet adalah penyakit yang  membutuhkan perawatan seumur hidup. Apabila sampai terjadi komplikasi seperti penyakit jantung ataupun stroke, maka akibatnya bisa fatal.

Oleh karena itu, penderita diabet harus selalu mematuhi beberapa hal untuk mengontrol penyakitnya.

Diabet ditandai dengan munculnya gula dalam urine karena insulin gagal memproses gula darah. Gangguan semacam ini merupakan salah satu hal yang bisa memicu munculnya penyakit jantung, pembuluh darah dan kerusakan ginjal. Jika  tidak dikendalikan dengan baik, penyakit diabet ini akan sangat menurunkan kualitas hidup pasien.

Komplikasi yang ditimbulkan diabet dapat berupa komplikasi akut dan menahun. Disebut akut karena tubuh jadi mudah terkena infeksi dan sukar disembuhkan. Sedangkan komplikasi menahun akan menyebabkan penebalan dan penyempitan pembuluh darah yang berisiko memicu penyakit lainnya.

“Pasien diabet perlu mengontrol kadar gula darahnya secara teratur dan minum obat. Diabet bisa dikendalikan dengan pola hidup sehat dan rutin mengecek kondisi kesehatan,” kata Prof Sarwono Waspadji dari Divisi Metabolik-Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI ketika dihubungi detikHealth, Rabu (29/8/2012).

Ada beberapa hal yang harus dilakukan penderita diabet agar penyakitnya dapat terkontrol, antara lain :

1. Hindari makanan manis dan gaya hidup tidakk sehat
Diabet merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan. Pasien harus menghindari makanan yang bisa memperburuk diabet, yaitu yang dapat menaikkan kadar gula darah secara drastis seperti makanan manis dan berkalori tinggi. Rokok, alkohol dan makanan berlemak juga harus dihindari karena berisiko memperburuk diabet.

2. Minum obat untuk diabet
Ada berbagai macam obat diabet, baik yang ditelan maupun suntikan. Obat yang ditelan biasanya dimulai dengan dosis kecil kemudian dinaikkan bertahap jika perlu. Obat-obatan diabet yang umum diresepkan adalah metformin, insulin dan sulfonylureas. Penggunaannya harus dikonsultasikan dengan dokter karena memiliki efek samping.

3. Banyak bergerak dan olahraga
Aktivitas fisik perlu untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Olahraga setidaknya dilakukan 3 – 4 kali per minggu, masing-masing 20 sampai dengan 40 menit. Olahraga teratur dapat membantu menormalkan kadar gula darah, menjaga berat badan serta mencegah penyakit jantung.

4. Rajin mengecek gula darah
Salah satu faktor penyebab komplikasi diabet adalah kadar gula darah yang tak terkontrol, baik terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Kadar gula darah yang terlalu rendah juga berbahaya sebab dapat menyebabkan hilang kesadaran dan berbuntut kematian. Maka dari itu, tak ada salahnya memiliki alat pengukur kadar gula darah yang bisa digunakan di rumah.

diabet melitus

Peran Insulin Untuk Mengontrol Gula Darah

About diabetesmu

obat herbal diabetes

Posted on September 1, 2012, in Diabet melitus and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: