Penderita Diabet Perlu Test HbA1c

Diabet tidak seharusnya menjadi mimpi buruk yang selalu menghantui penderitanya atau menjadi penghambat dalam menikmati hidup bersama keluarga tercinta. Salah satu syaratnya adalah pengendalian gula darah yang baik, yang dapat dipantau dengan pemeriksaan HbA1c setiap 3 bulan sekali.

Diabet atau kencing manis adalh kondisi dimana konsentrasi gula (glukosa) darah berada di atas normal dalam jangka waktu lama (kronis). Penyandang diabet harus menjaga agar konsentrasi glukosadarahnya terkendali dengan baik untuk mencegah timbulnya komplikasi dikemudian hari. Selain dengan pengaturan pola makan, olahraga dan pengobatan, hal lain yang perlu dilakukan adalah :

  • pemeriksaan konsentrasi glukosa darah puasa dan 2 jam setelah makan
  • Pemeriksaan konsentrasi HbA1c setiap 3 bulan sekali untuk menilai pengendalian diabet

HbA1c Dan Apa Manfaatnya

HbA1c adalah zat yang terbentuk dari reaksi kimia antara glukosadan hemoglobin (bagian dari sel darah merah). HbA1cyang terbentuk dalam tubuh akan disimpan dalam sel darah merah dan akan terurai secara bertahap bersama dengan berakhirnya masa hidup sel darah merah (rata rata umur se darah merah adalah 120 hari)

HbA1c menggambarkan konsentrasi gluosa darah rata-rata selama periode 1-3 bulan. Jumlah HbA1c yang terbentuk sesuai dengan konsentrasi glukosa darah. Pemeriksaan HbA1c digunakan untuk kontrol glukosa jangka panjang pada penyandang diabet. Pemeriksaan HbA1c dianjurkan untuk dilakukan setiap 3 bulan sekali atau 4 kali dalam setahun.

Perbedaan Pemeriksaan HbA1c & Glukosa Darah

Pemeriksaan glukosa darah puasa dan 2 jam setelah makanhanya dapat mencerminkan konsentrasi glukosa darah pada saat diukur saja dan sangat dipengaruhi oleh makanan, olahraga dan obat yang baru dimakan. Jadi, tidak dapat menggambarkan bagaimana pengendalian konsentrasi glukosa dalm jangka panjang.

diabet

Jenis Diabet Yang Paling Banyak Menyerang Manusia

About diabetesmu

obat herbal diabetes

Posted on September 6, 2012, in Diabet melitus and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: