Mitos Dan Fakta Diet Diabetes

1. Pengidap diabetes tidak boleh makan manis

Diet bagi pasien diabetes adlah mengatur makan yang seimbang, ada karbohidrat, lemak dan proteinnya. Selain itu, masih ada vitamin dan mineral. Mereka boleh makan manis tetapi jumlah karbohidratnya harus disesuaikan dengan bagimana aktifitasnya sehari-hari, usia si pasien, gulanya tinggi atau rendah, badannya gemuk atau kurus. Makanan karbohidrat akan diserap jadi gula, lemak dan protein juga secara tidak langsung mempengaruhi gula darah.

2. Penderita diabetes tidak boleh makan banyak

Yang penting bukan masalah banyak atau sedikit. Asalkan tidak mengandung kalori yang berlebihan, gula darah anda tidak akan naik. Makan banyak tapi diimbangi dengan pembakaran lewat olahraga, gula darah tetap bisa dikendalikan.

3. Peraturan diet diabetes menakutkan, bikin stres

Jangan takut. Diet diabetes sebenarnya diet sehat untuk semua orang. Jika anda kegemukan, kalori dikurangi. Kalau gula terlalu tinggi, pilih karbohidrat yang banyak serat, yang indeks glikemiknya rendah. Batasi jumlahnya, atur jam makannya yang tepat. Waktu untuk makanan kecil pun harus diatur, jangan sembarangan, jangan ngemil terus, pilih snack yang berkalori rendah dan imbangi dengan olahraga yang teratur.

4. Supaya gula tidak tinggi, ganti saja karbohidrat dengan protein

Karbohidrat diperlukan untuk tenaga, sedangkan protein untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Kita perlu 45-65% karbohidrat dalam makanan dan sekitar 20-30% protein. Kelebihan protein membebani kerja ginjal, terutama jika gula darah anda tidak terkendali dan tekanan darahnya tinggi.

5. Bagi pasien diabetes makan bubur atau lontong lebih baik daripada nasi

Semuanya adalah karbohidrat, sumbernya sama, yaitu beras. Bubur dan lontong lebih cepat diserap, indeks glikemiknya lebih tinggi, sehingga gula cepat naik. Beras berserat seperti beras merah lebih lama bertahan disaluran cerna, sehingga indeks glikemiknya lebih rendah. Hal yang serupa juga pada roti. Pilihlah roti gandum ketimbang roti putih.

6. Penderita diabetes harus mengkonsumsi makanan khusus

yang penting yang harus diperhatikan bagi anda adalah bagaimana mengatur jumlah dan jenis karbohidrat yang masuk pada jam makan yang teratur, sesuaikan dengan keadaan gula darah anda.

7. Pasien diabetes tidak boleh mengkonsumsi buah yang manis

Buah mengandung fluktosa yang sama dengan gula. Pilihlah kadar gulanya rendah serta indeks glikemiknya lebih kecil. Apel banyak seratnya, sedangkan jeruk walaupun kalorinya sama tetapi mudah diserap sehingga indeks glikemiknya lebih tinggi. Anda cukup mengunyah satu apel sudah kenyang, sedangkan makan tiga jeruk baru terasa perut penuh, akibatnya gula darah lebih tinggi. Pisang adalah buah yang mengandung zat pati, sehingga kadar gulanya lebih tinggi.

8. Kalau sudah minum obat atau suntik insulin dengan benar dan teratur, saya sudah boleh makan sembarangan

Sembarang makan pasti membuat gula darah anda tak terkendali. Dosis obat tablet atau suntikan insulin terpaksa harus diubah-ubah untk menyesuaikannya. Anda tetap perlu dosiplin dalam berdiet dan berolahraga.

9. Pasien diabetes tidak boleh ngemil

Ngemil tidak dilarang asalkan pada waktu yang tepat, jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan serta bisa memilih jenis kudapan yang kalorinya lebih kecil

10. Diet diabetes itu rumit, banyak larangannya

Diet untuk diabetes bukan maslah “larangan”, melainkan urusan “memilih dengan benar”. Pasien diabetes boleh menikmati semua makanan seperti oarng yang tidak punya penyakit gula. Namun, kenali lebih dulu bagaimana keadaan diabetes anda, plihlah makanan yang tepat dan sesuai yaitu dengan mengurangi lemak dan kalori, mengkonsumsi karbohidrat yang banyak serat, memilih protein yang tidak banyak mengandug lemak jahat, disamping melakukan olahraga teratur untuk membakar kalori tubuh.

11. Penderita diabetes lebih baik makan siang saja, yang lainnya cukup makanan kecil

Anda harus makan 3 kali sehari. Makan pagi, makan siang dan makan malam penting untuk kebutuhan metabolisme tubuh. Otak akan bekerja dengan baik jika anda sarapan pagi. Minum obat atau suntik insulin mengharuskan anda mengatur jadawal makan yang tepat dan teratur

12. Menu diabetes itu membosankan

Makanan untuk penderita diabetes selain harus sehat, juga tidak membosankan, tidak menakutkan. Jadi menu sehari-hari harus sangat bervariasi, bisa bermacam-macam, harus bersih dan aman. Namun karena ada sakit gula dan seringkali berat badan berlebihan, maka anda harus membatasi makanan yangb mengandung banyak gula, makanan yang asin atau menu kaya lemak. Sayuran dan buah-buahan serta makanan berserat harus menjadi makanan kesukaan anda.

13. Makan sayur saja hindari nasi

Jika anda tidak makan nasi dan hanya mengkonsumsi sayuran, memang gula darah tidak tinggi, tetapi anda menjadi lemas, tidak bertenaga. Kebanyakan sayuran membuat anda kenyang, tetapi kembung, timbul banyak gas di dalam perut, perut menjadi sakit bahkan sukar buang air besar. Serat menyerap air sehingga ada orang yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Serat  dalam jumlah yang terlalu banyak juga dapat menghambat penyerapan mineral-mineral tertentu, seperti seng, besi, magnesium dan kalsium. Hal ini akan merugikan kesehatan anda. Jadi harus tetap ada nasi atau karbohidrat sejenisnya, serta sejumlah sayuran atau makanan serat lainnya, semuanya dalam keseimbangan.

Diabetes

Mitos Dan Fakta Gejala Dan Komplikasi Diabetes

About diabetesmu

obat herbal diabetes

Posted on Oktober 15, 2012, in Diabet melitus and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: