Pencegahan Diabetes Antara Mitos Dan Fakta

1. Badan gemuk tetapi gula darah masih baik, ini pertanda aman

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah penyebab yang paling sering untuk diebetes. Jika gula darah puasa 100-125, dua jam sesudah makan 140-200 mg/dl, sekalipun belum disebut diabetes, atau HbA1c diantara 5,7-6,4%, hati-hatilah anda termasuk kelompok prediabetes. Kalau tidak segera diperbaiki maka  sebentar lagi anda akan menjadi penderita atau pasien diabetes

2. Diabetes tidak bisa dicegah

Untuk mencegah diabetes tipe 1 tertentu bisa dilakukan skrining dengan memeriksa DNA atau gen si anak, untuk mengetahui apakah anak tersebut peka atau mudah kena diabetes. Diet dan olahraga serta upaya menurunkan berat badan, mengubah gaya hidup dan pola makan akan dapat mencegah seseorang terkena diabetes tipe 2.

3. Saya pengidap diabetes, sulit sekali mencegah agar anak saya tidak terkena diabetes

Diabetes bisa dicegah, sekalipun ada turunan diabetes. Gaya hidup yang benar, cara diet yang sehat, berolahraga dengan teratur, menurunkan berat badan yang berlebihan, manjauhi stres dan tidak merokok adalah serangkaian upaya yang terbukti berhasil menghindari penyakit diabetes.

4. Kurang tidur bisa membuat gula turun

Kurang tidur justru sering membuat hormon adrenalin meningkat, gula darah bisa naik. Jika kurang tidur disertai dengan makan berlebihan, diabetes malah mudah timbul. Ketika anda tidur nyenyak, banyak enzim bekerja, ada perbaikan jaringan yang rusak, menggantikan sel tua yang rusak dengan sel-sel yang baru. Otak lebih banyak mengeluarkan hormon pertumbuhan ketika anda tidur nyenyak. Hormon ni dibutuhkan untuk anti-penuaan, sehingga anda tampak lebih segar, lebih bertenaga, kulit lebih kencang dan tidak mudah keriput.

5. Orang gemuk pasti kena diabetes

Kegemukan sangat mudah menyebabkan penyakit diabetes. Namun kalau anda segera berupaya menurunkan berat badan, menjalani diet sehat, berolahraga secara teratur, diabetes bisa dihindari. Jangan sampai terlambat, mulailah dengan gaya hidup yang sehat.

6. Kegemukan belum tentu jadi diabetes, santai saja

Orang gemuk gampang jadi penderita diabetes. Sekali terkena, seumur hidup anda terus berurusan dengan penyakit ini dan sulit disembuhkan. Akhirnya, komplikasi juga akan bermunculan. Biaya berobat menjadi sangat mahal. Segera turunkan berat badan anda. Mencegah lebih baik daipada mengobati.

Diabetes 

About diabetesmu

obat herbal diabetes

Posted on Oktober 21, 2012, in Diabet melitus and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar